Kirim Barang dari US ke Indonesia

K

Rekan-rekan, kadang-kadang kita membutuhkan mengirimkan barang dari luar negeri ke Indonesia.

Nah kebetulan kemaren ini saya mencari suatu buku yang ada di amazon. Bukunya sudah tidak ada di amazon, melainkan ada di associate toko-toko buku amazon. Harga bukunya cuma US$8. Problemnya, mereka tidak mau / bisa mengirimkan barang ke luar dari US. Wah hilang ide tadinya. Aku coba beli buku ebooknya ditolak juga, alasannya karena belum ada perjanjian dengan Indonesia mengenai pembelian ebook. ebooknya pun bukan full book, melainkan cuma summary.

Bingung deh, kebetulan ada teman yang kasih info. menggunakan suatu jasa yang namanya shipitto. ok. Saya check websitenya. Saya pelajari, lalu saya daftar. Setelah dihitung-hitung, sebetulnya tidak murah / tidak mahal juga. Lalu saya coba (test drive) dengan mengirimkan 1 buku murah dulu. Kalau berhasil baru mikir buat alternatif.

Prosesnya mudah, kita daftar, lalu bayar (pake paypal) biaya pendaftaran dan pengiriman. Uangnya itu masuk deposit. Lalu input2 data kita. Nah kita akan diberikan kotak box alamat yang dapat digunakan di tempat-tempat pembelian.

Saya coba beli dari amazon, dikirim ke sana. Setelah beberapa hari sampai, lalu kita kasih perintah kirim ke Indonesia di shiptoit nya. Tambah beberapa biaya yang termasuk dengan biaya kirim, mengisi custom declaration. Done. Barang terkirim. Aku memilih menggunakan alat transport yang tidak bisa ditrack yang termurah.

Beberapa minggu kemudian, sampailah barang tersebut dengan sukses di Indonesia. Hip Hip hura… hehehe. Walaupun percobaan ini cukup mahal, untuk buku yang seharga 8US$, saya mengeluarkan ongkos kirim lebih dari US$22 + ongkos kirim amazon (kebetulan tidak ada free shipping utk model associate store).

Tapi next time, saya mungkin akan lebih berani membeli buku via ini. Mereka ada pilihan lain malah, yaitu menggabungkan beberapa paket menjadi 1 paket dengan biaya tambahan.

About the author

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

30 Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • Tambahan. aku pas beli, aku beli juga sama-sama waktunya dengan beli buku lain dari amazon ke indonesia juga.
    yang dari amazon langsung ke Indonesia lebih cepat 1-2 minggu (pada tanggal start beli yang sama).

  • Saya suka ide tentang paket forwarder karena lebih aman daripada menggunakan keluarga atau teman untuk maju sesuatu. Mereka dapat menjadi bodoh tentang hal itu dan tidak mengkonfirmasikan pengiriman yang biasanya menyebabkan saya kehilangan paket.

  • Saya belum pernah mencoba Shipito karena saya belum pernah mendengarnya. Sepupu saya bercerita tentang sebuah perusahaan bernama Bongo International dan bahwa apa yang saya gunakan. Saya menyukai mereka karena mereka kapal melalui DHL sehingga ada konfirmasi pengiriman dan juga diskon pada layanan pengiriman dengan pergi melalui perusahaan mereka.

  • Mas / mba mico wendy slm kenal.kebetulan memang saya ingin pesan barang melalu situs2 belanja online di US, namun saya bingung bagaimana dengan mslh pengiriman brg, harga dan segala mcm, tks atas infonya ttg shiptoit. saya mau tanya disini bisa terima situs lain gak selain ebay,amazon ? misalnya saya masukan situs walmart.bagaimana caranya ya mas / mba ? mohon petunjuk.tks

  • Virginia:
    kurang lebih kira2 gini. pas setelah kita daftar, kita akan dikasih kotak surat oleh mereka. dengan alamat di US. lalu kita tinggal pesan barang di amazon, ebay yang ditujukan ke alamat shiptoit (dengan to ke kode kita yang hasil dari daftar).
    setelah barang dipesan. kita mengisi beberapa isian di shipito, seperti ukuran barang, berat barang, alamat tujuan, alat transportasi (ada beberapa model untuk pengiriman ke negara kita, dengan harga yang berbeda-beda).
    setelah itu, kita mengisi Custom, seperti keterangan barang kita itu barang apa.
    terus kita tinggal saja. pas nanti barangnya datang, ada pemberitahuan bahwa barangnya sudah diterima mereka.
    setelah dihitung perbedaan tabungan kita (kita harus menaruh uang pas daftar), dengan biaya perhitungan mereka (mencakup berat, ukuran, alamat tujuan, dan metode transportasi).
    lalu kita tinggal klik post… barangnya akan dikirim.

    ps. mereka ada fasilitas mengumpulkan barang dari beberapa pengiriman ke mereka, terus setelah kita cukup, baru dikirim sekaligus dengan satu paket, sehingga akan jadi lebih murah.

    semoga membantu.

  • Numpang nanya nih…
    Kalo kirimnya pake shiptoit ntar di indonya mesti bayar pajak lagi ato enggak??
    Trz barangnya nyampe di kantor pos ato di rumah langsung??
    Thx..

  • Sdr David, mengenai pajak, itu tergantung barang dan peraturan di Indonesianya utk jenis barang tersebut. kalau kemaren saya pilih buku, ikut juga aturan pajak masuk buku (ada free pajak sampai sekian rupiah nilai buku). kalau produk elektronik, pasti pajaknya beda. karena ini benar2 lewat Bea Cukai dan Kantor pos. Tapi saya pilih metode kirim barang yang paling murah. Ada pilihan-pilihan lain untuk transport, mungkin beda-beda.

  • Tks pak atas penejelasannya. saya ingin menanyakan beberapa hal lg, apakah address yg didaftarkan di shipito nantinya bisa dipakai pada saat kita berbelanja misalnya di amazon kah ? apakah skrg shipito itu msh kredibel ? karena saya agak bingung dengan begitu banyaknya jasa forwader. misalnya bisakah bapak membantu perbandingan antara viaddress.com dengan shipito ? dan apakah nantinya jika kita memesan barang akan langsung sampai di rumah kt ? tks. jika bapak berkenan tlg kirim jawaban via email.tks 🙂

  • Mo tanya donk.. Shipito ini servicenya door to door ga?
    Soalnya saya males kalo mesti ambil barangnya di cukai.. Ribet..

  • Bro Mico wendy.. thanx atas infonya.. kebetulan saya juga lagi mau buat virtual address diUS.. Dan sudah serach dari MyUS, USA2ME, Shipito, Bongous, USAmail1.. Tanya sudah berapa kali menggunakan jasa Shipito.. jadi benar2 realiable.. sekali thanx..

  • mau tanya saya mau beli spion mobil dengan berat taruhlah 4 kg, itu biaya servise kena berapa ke indonesia

  • We require every new customer to verify the credit card used with our service. To do this, we have made a deposit between $0.01 and $1.00 USD to your credit card.

    mohon pejelasannya , saya udah komplit reg, tapi aku bingung kok ada uang deposit, apakah langsung di potong di account saya… walaupun belum melakukan transaksi apapun.

  • om mico,
    tanya lagi
    untuk bongo, memang ada cost untuk address ya. sekitar $15 untuk kurun waktu 3 bulan ,
    kenapa di account saya belum active2 ya, apakah untuk sebuah pembelian harus medepositkan ke bungous dulu. sebanyak harga barang tersebut, mohon penjelasannya
    terimakasih.

  • saudara Admin? salam kenal dari saya. saya mau tanya, karena kebetulan ada seorang teman saya yang tinggal di U.S .dan dia mau kirim kan ke saya berupa emas perak dan berlegenda. baru saja teman saya mengirim untuk ke Indonesia. tetapi surat dan barang pengiriman itu kembali, ternyata barang tersebut tidak dapat terkirim dengan alasan mereka dan sesuai peraturan pemerintah U.S melarangnya. dan yang saya mau tanyakan, dengan barang yang ingin di kirim oleh teman saya di U.S ,apakah dapat terkirim ke Indonesia melalui Jasa Pengiriman Barang ini? (SHIPITO) .saya tahu barang yang ingin di kirim oleh teman saya itu benda, tapi benda itu sangat asing dan berlegenda. saya akan coba dengan cara ini. saya minta solusi anda, untuk cara tersebut. terima kasih. Steve.

  • rekan steve,..
    maaf, pengalaman saya cuma mengirimkan buku.
    Setahu saya, ketika kita akan memakai jasa tersebut. kita harus sign satu surat yang diberikan oleh dia. surat bahwa barang yang kita kirimkan itu legal.
    terus, kalau di Indonesianya sendiri, juga akan diperiksa. Kebetulan karena yang saya beli adalah buku, jadi lebih mudah.

  • salam kenal, saya mau tanya, saya sudah coba daftar ke shipito tapi kok saya nggak bisa bayar pakai paypal ya….. Bisa tolong dibantu ?

  • Sdr Nunik,
    maaf, saya sudah lama tidak menggunakan jasa itu. Saya belum dapat info lagi mengenai hal ini. Jika ada rekan2 yang punya info. silahkan dibantu.

  • Temenku bilang ada jasa dari viaddress, coba di cek webnya. katanya lebih murah dan cepat sampai.mereka juga nyediain alamat fisik di US, terus kirim barangnya ke alamat kita di indo.

  • gan ane kan dapet surat dari us tapi di kirim ke alamat us gk bisa ke indonesia langsung
    trus gimana ya gan biar bisa itu surat ke indonesia kira kira berapa yang harus saya keluarkan

  • gunakan viabox yang lebih murah dan efisien.
    percuma box snapshot
    percuma pembungkusan semula
    dan pelanggan boleh melihat gambar barangan mereka sebelum dipos

  • Uda perna coba pake Viabox belom? Gw bandingken sama MyUS , shipitto, ukpostbox, dll kok lebih murah Viabox gitu dan byk keunggulan lain kyk bisa bayar pake Bitcoins, terus free semuanya dan gada biaya tersembunyi gitu (hidden fees) ktnya. Terus bisa minta content check dulu sebelum dikirim.

  • mau ikutan share forwarder langganan ku, namanya viabox. tarifnya paling murah, proses cepat, bisa kemas ulang barang, dan 100% bebas biaya daftar, bebas biaya pemrosesan, dan tidak ada hiden cost. cukup puas dengan viabox!

By mico wendy

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Get in touch