Menggunakan XigmaNAS

M

Sedang mencoba solusi XigmaNAS di rumah. Dengan spesifikasi komputer agak tua (info spek menyusul). Memory 2Gb, dengan menggunakan hard disk baru. Ada teman (Henry) yang meminjamkan komputernya. Setelah berkali-kali dicoba, ada hard disk rusak yang membuat proses jadi kendala (dan tahunya belakangan sehingga dilakukan non quick format), terus batere motherboardnya kelihatannya sudah mati, sehingga harus diset bootnya ke mana.

Kalau dilihat gambar di atas masih menggunakan bios 2007. terus dual-core cpu E5200 @2.50GHz. Monitor yang digunakan masih menggunakan monitor CRT alias tabung bro. Monitornya udah agak ada bayangan teks sebelumnya jika dimatikan. Kaya ketinggalan gitu huruf-huruf sebelumnya. Tapi masih oke digunakan.

Boot sistemnya menggunakan USB, sehingga agak terasa pelan. XigmaNAS ini menggunakan FreeBSD. Jika memang solusi ini cukup, akan dicoba digunakan sebagai metode NAS di rumah dan di kantor. Sekarang yang dicoba fitur SMB / Samba dan FTP. Udah cukup oke, tetapi ada beberapa komputer di rumah belum bisa akses NAS tersebut.

Cashingnya sendiri dari teman Ronald yang sudah tidak terpakai cashing-cashing tersebut. Isinya ama Henry diisi.

Jika kiranya memungkinkan mau mencoba dan membandingkan dengan TrueNAS core. Kalau dilihat secara UI dari websitenya sih kelihatannya lebih bagus.

About the author

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang, dan traveling. Co-Founder AnakBisa.com. www.konsep.net / www.netdesain.com.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang, dan traveling. Co-Founder AnakBisa.com. www.konsep.net / www.netdesain.com.

Get in touch