Raspberry Pi Zero 2 W & ESP32

R

Raspberry Pi Zero 2 W merupakan produk dari raspberry yang mirip dengan pendahulunya, hanya saja lebih kecil. Dengan beberapa bagian yang tidak ada. Walaupun ini keluar belakangan (sebelum raspberry pi 5), kecepatan dan feature lainnya ada di bawah. Malah kecepatannya seperti yang versi 2 (kurang lebih).

Setelah mencoba beberapa lama (lumayan lama), akhirnya jalan otg host nya. Harus dicatat karena cukup lama mencari agar jalan sesuai dengan kebutuhan.

Sebelumnya, untuk kebutuhan yang serupa juga dibuat dengan ESP32. Dengan ESP32 ini POC per masing-masing fungsi sudah oke, tetapi harus dibuat dengan benar kalau mau dijalankan.

Perlu waktu lagi untuk belajar dan menggabungkannya. Tetap semangat.
Beda antara keduanya, yang satu microprocessor (komputer kecil yang diinstall Linux/Ubuntu Server), sedangkan yang satunya microprocessor. Kekurangan yang pertama adalah harga dan masih agak jarang yang bahas di internet dibandingkan dengan arduino/esp32. Juga kalau untuk saya jadi harus check lagi penggunaan python (gpiozero dan RPi.GPIO), dan agak serem juga sih rusak. Kalau arduino harganya masih lebih murah jauh, sehingga kalau salah rusak juga masih ngga gimana. Sedangkan Raspberry ini lumayan kalau rusak.

Saya juga harus menyiapkan yang mirip dengan yang ada di arduino, seperti watchdog, setup awal (untuk wifi), dll. Yang mungkin caranya agak berbeda dengan yang ada di Arduino/ESP32. Tetapi ini asik juga untuk dipelajari.

Part-part yang terbakar sebelumnya:

btw ada aja part yang gagal / kebakar / rusak, tetapi kalau lihat iklan salah satu pencuci pakaian: ngga kotor ngga belajar kan?

About the author

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang, dan traveling. Co-Founder AnakBisa.com. www.konsep.net / www.netdesain.com.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang, dan traveling. Co-Founder AnakBisa.com. www.konsep.net / www.netdesain.com.

Get in touch