Libur Lebaran 2024

L

Di liburan Lebaran 2024 ini, ngga pergi traveling ke mana-mana. Ada rencana ngejar ketinggalan kerjaan. Tapi ya itu jadinya nonton dan santai-santai. 🙂 Asik juga.

Update ke Windows 11

Teernyata setelah mengubah setting di bios / winddows, komputer yang saya gunakan diberikan kesempatan untuk upgrade windows 10 ke windows 11. Dan setelah dipake sekian lama, ternyata lebih enak. Hanya saja jadi rada kepaksa (walaupun tidak dipaksa) untuk tertarik menggunakan copilot AI nya microsoft. Lalu fitur yang keluar widget-widget berita jika mouse kita lewat iconnya (mouse over). Bagian ini mengganggu.

Melihat Smart Home

Saya diajak ke rumah Pak Joesanto, melhat setting smart homenya dengan Crestron. Jadi lebih terbuka mata. Beberapa yang saya lihat, sensor sensibo? untuk mengatur ac. Gorden bisa buka tutup.

Memasang Beberapa IoT

Kebenaran pada saat Lebaran ini, di kantor kami bisa tidak ada orang selama Lebaran. Artinya dari Sabtu – Senin. 10 harian. Jadi kepikir sekalian coba test sensor untuk keamanan dan jadi mencoba IoT di smart home. Dari usul kawan saya Popo, saya coba produk sonoff. Sayangnya semangatnya keburu hilang buat pasang di kantor, karena ngga datang-datang barangnya. Datang barangnya setelah hilang semangat.

  • Sonoff (sensor motion: PIR3 rf)
  • AMC tuya (Power Plug)
  • Bardi (lampu) barang lama

Rencana mau digabungkan ke home assistant, harusnya bisa. Kebeneran ada raspberry pi yang kemaren buat coba ini itu. Pusingnya itu kan masing-masing ada appsnya. Kan jadi sulit kalau kita pakai alat-alat tersebut di apps terpisah. Jadinya solusi pakai home-assistant.io seharusnya jawaban. Cuma setelah membaca sepintas dan mencari tahu. Banyak sekali info yang harus dipelajari, misalnya tasmota (https://tasmota.github.io/docs/), esphome, tuya (https://developer.tuya.com/en/docs/cloud), Bagaimana nantinya merk-merk yang ada, supaya bisa dimasukkan ke dalam home-assistant. Dan nantinya bagaimana alat yang kita buat, bisa di add ke home-assistant.

Perbaikan Server dan Data-Data

10 hari itu tidak mengerjakan coding sama sekali. Malah bisa dibilang sudah 2 minggu total, terakhir berkutat mengerjakan website dengan wordpres (elementor pro, crocoblock, cs). Yang mana susah juga.

Tadinya ada rencana-rencana coding, tetapi ngga jadi. Jadi santai-santai nonton-nonton trailer, nonton youtube, dll. Rencana pindahan data juga baru 2 hari terakhir mulai, dikarenakan hard disk yang dipesan / yang diperbaiki tidak kunjung tiba. Hampir lebih dari 9 hari? Beli Jumat sebelum Lebaran, dikirim langsung ama tokonya (gercep), tapi sayangnya malah lama di kurir. Malah yang beli barang beberapa hari terakhir lebih cepat jauh.

Beberes Meja, Buku, Dus

Juga di liburan ini membereskan meja, memindahkan barang-barang, memindahkan dus. Dan sebagian dibuang atau dihancurkan. Besok masih ada rencana-rencana lanjutan agar proses dan hasilnya lebih baik.

About the author

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang, dan traveling. Co-Founder AnakBisa.com. www.konsep.net / www.netdesain.com.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang, dan traveling. Co-Founder AnakBisa.com. www.konsep.net / www.netdesain.com.

Get in touch