Start Menu di Windows 8.1

S

Akhirnya Microsoft menambah “windows logo” pada windows 8.1. Tetapi jangan gembira dulu, windows logo tersebut beda dengan asumsi sebagian orang. Ini bukan seperti “start menu” yang ada di Windows sebelumnya. Microsoft mungkin mempersiapkan agar nantinya semua user menggunakan mode “metro style” (atau apa ya istilahnya). Tapi sampai apps yang ada di metro style tersebut cukup banyak dan berguna. Saat ini metro style hanyalah pintu gerbang untuk masuk ke desktop versionnya windows.

Susah memang kalau ada start menu di desktop version kalau pemikirannya nantinya ingin mirip seperti tabletnya Android atau iPad nya Apple. Karena appsnya kecil-kecil, layarnya agak panjang, sehingga user hampir pasti membutuhkan keyboard dan mouse ke mana-mana. Lupakan tentang membawa tablet Windows 8 tanpa keyboard / mouse kalau pergi jauh.

Untuk mencari aplikasi di dekstop agak sulit, salah satunya dengan masuk ke halaman metro style, lalu geser ke halaman bawah. Susah ternyata saudara-saudara. Seperti mencari nyamuk di tumpukan jerami. Atau dengan tombol search di dari menu charm. Susah juga, kalau apps kita sering pakai kita bisa taruh di desktop shortcutnya. Tetapi kan apps yang jarang kita pakai, itulah yang kadang pas butuh namanya lupa. Kalau namanya lupa, ngesearchnya tambah susah lagi.

Nah “back ke topic”, bagusnya sudah ada beberapa orang yang membuat apps untuk membantu ini. Yang saya coba dan enak adalah “Pokki”. Appsnya gratis, tampilannya bagus. Recommended saat ini. 🙂

www.pokki.com

pokki

Kita malah bisa menyembunyikan tombol dengan logo windows tersebut. Tetapi jangan… 🙂 karena malah jadi menyulitkan, jika kita menggunakan windows 8.1, dan mouse kita arahkan ke kiri bawah akan otomatis keluar logo windows tersebut yang nantinya malah menutupi icon start menu tersebut.

tombol

About the author

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

By mico wendy

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Get in touch