Install Ulang iPad

I

Saya memiliki iPad generasi pertama (2010), yang masih digunakan sampai sekarang. Belakangan ada masalah iPadnya restart sendiri setiap nyala setelah sekitar 15 menit. Sudah pernah dibawa ke tempat perbaikan iPad (Ratu Plaza Jakarta). Tetapi setelah beberapa saat selalu kejadian yang sama.

photo

Belakangan dicoba 1 cara. Cukup berhasil.

  1. Download ipsw versi terakhir yang khusus untuk iPad Gen 1. di: http://www.ipswdownloader.com/download-ipad-ipsw-files.php  atau di tempat lain. Tidak usah kuatir, karena pada saat instalasi, akan ada pengecheckan ke server Apple apakah software yang kita download benar atau tidak. Saat ini versi yang terakhir adalah: 5.1.1 (9B206). Untuk versi iPad gen pertama ini tidak diupdate lagi seperti adik-adiknya.
  2. Sebelum meneruskan ke langkah di bawah, perlu ada itunes apps di komputer kita (sebaiknya versi terakhir).
  3. Matikan benar-benar iPad tersebut, dengan mencolok ke charger lalu menekan tombol on-off lama sampai keluar pilihan turn-off. Jangan lupa, iPad kita harus sudah teriisi batere.
  4. Lalu masuk ke recovery mode (DFU Mode). Dengan menyalakan iPad dengan mencoloknya ke komputer kita, tetapi dengan tetap menekan tombol “Home” sampai keluar logo itunes (bukan logo Apple!).
  5. Lalu pilih tombol “Restore” dengan mengklik dibarengi dengan menekan tombol Alt di keyboard komputer.
  6. Lalu pilih file yang sudah kita download tadi.
  7. Setelah selesai, itunes akan menanyakan apakah kita akan merestore kembali data-data kita. Kalau saya, karena ada pengalaman sering hang-hang khusus untuk versi ini, saya pilih no. Pilih “act as new ipad”.
  8. Pada saat registrasi iPad baru, saya menggunakan itunes. Bukan menggunakan iPad itu sendiri.
  9. Di saya waktu itu ada problem keluar: “We’re sorry, we are unable to continue with your activation at this time.”, saya melakukan langkah berulang2 sampai akhirnya berhasil. 🙂

Setelah itu done. Kita mulai mendownload kembali apps kita dari 0.

Kalau bingung tipe iPad, bisa check ke: http://support.apple.com/kb/ht5452#ipad

About the author

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

4 Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

By mico wendy

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Get in touch