Install Android Apps ke BB Playbook

I

Blackberry Playbook cukup enak digunakan untuk menonton film, browsing. Sayang agak kurang aplikasi yang ada di Store-nya. Jika kita membutuhkan apps yang tidak ada di “Blackberry Application World”nya BB Playbook. Kita bisa mencoba menginstall aplikasi Android ke dalam BB Playbook tersebut.

Pertama-tama anda perlu mencari aplikasi yang diperlukan di Google Playstore. Lalu ambil file apk tersebut (bisa search via google, atau mengikuti proses artikel sebelumnya: http://www.micowendy.com/2013/download-apk-dari-google-play/ ).

Setelah APK tersebut didownload, maka kita dapat menggunakan beberapa website yang membantu mengkonversi apk tersebut menjadi BAR (extension file untuk instalasi ke Blackberry Playbook). Dari beberapa situs tools yang sudah saya coba, saya merekomendasikan:

http://apps.goodereader.com/apk-2-bar/

Karena cukup rapih, dan apps yang kita submit, tidak langsung dishow di list tersebut.

convert apk bar

Setelah anda mengupload apk, dan memprosesnya. Maka anda tinggal mendownload file BAR tersebut dengan menekan tombol “Download BAR”.

Untuk menginstall file BAR tersebut ke dalam Playbook kita. Kita perlu menghubungkan dulu playbook kita ke komputer, menginstall driver yang ada di playbook tersebut ke komputer. Lalu mendownload aplikasi DDPB (Apps Installer for Playbook). Bisa search di Google, atau akses: http://ddpb.dauden.vn/

Lalu install apps tersebut (untuk windows 8, ada kemungkinan perlu rubah environment java sedikit).

ddpb

Setelah mengikuti instruksi dari apps tersebut (merubah setting di Blackberry Playbook menjadi developer mode, menambahkan password, melakukan scan ip pada apps, dan memasukkan password yang sama ke dalam apps, lalu mengupload apps BAR tersebut ke DDPB, lalu menginstallnya ke playbook kita).

Done… 🙂

ps. Tidak semua aplikasi dapat diinstall ke dalam playbook kita.

Bisa juga dicoba menggunakan developer tools dari Blackberry: http://developer.blackberry.com/android/documentation/preparing_android_apps_for_bbtos_1729415_11.html <- belum coba lagi.

 

 

 

About the author

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

1 Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • Hi mau tanya playbook saya klo dipake browsing kenapa tidak bisa ya?selaku muncu tulisan “network error”
    Any advice?

By mico wendy

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Get in touch