Berbagai Chat Satu Window

B

Dulu lagi jaman masih menggunakan windows, untuk mengantisipasi penggunakan im (instant messenger) yang cukup beragam saya menggunakan trillian (https://trillian.im). Dari versi awal-awal, sampai beberapa kali perkembangan. Sayangnya belakangan, ada beberapa im yang saya gunakan di sana sudah tidak dapat berjalan. Terutama yahoo messenger (iya sih, bukan dia aja yang jadi ngga bisa pakai). Tetapi karena waktu itu media utama chatting saya dengan teman dan anak kantor adalah yahoo messenger, jadi akhirnya saya drop trillian. Jadi tidak menarik.

Dengan berjalannya waktu saya menggunakan apps / browser masing-masing chat jika diperlukan. Kenapa harus pakai berbagai chat? Karena terpaksa sih. Misalnya, untuk ke teman-teman dekat saya pakai Whatsapp, untuk beberapa orang yang dekat, ada yang tidak pakai Whatsapp, tetapi dia pakai Telegram. Untuk ke anak dan keluarga, mereka pakai line. Untuk ke anak laki-laki yang main game, mereka lebih senang menggunakan discord. Juga teman-teman kantor game juga sama, diskusinya di discord. Untuk kantor saya menggunakan slack. Jadi rada rujit. Kadang saya harus click untuk buka salah satu untuk chat dengan mereka. 

Nah selain itu, sekarang 90% waktu saya menggunakan mac. Saya mulai mencari aplikasi yang ada yang untuk im chat ini (atau productivity sih mereka bilangnya). Memang bisa selain chat dipakai untuk yang lain (email, basecamp, trello), tapi setelah saya coba, paling eank buat chat aja.

Saya akhirnya mencoba 2 buah. Rambox dan Franz. Setelah mencoba hampir 1 bulan, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan franz. Mungkin karena preferensi ya. Kalau rambox, itu tabnya di atas. Ternyata buat saya mengganggu dan ngga rapih. Tapi di rambox ada service untuk ke basecamp (di kantor saya pakai basecamp dan trello). Tapi ternyata saya tidak suka digabung dengan kotak messenger ini (istilah). Rambox saya menggunakan fitur trial yang 1 bulan, tapi sebelum satu bulan saya udah pindah ke franz. Kalau franz, setelah pernah menggunakan yang gratis. Ternyata sangat mengganggu keluar terus kalau dari pause itu “pengganggu” yang harus nunggu sekian detik. Akhirnya saya ambil service berbayarnya.

Meet Franz
rambox

Tapi secara fitur dan enaknya, bisa dibilang ini 1 to 1. Sama bagusnya. Mirip-mirip. Yang saya masih menantikan itu fitur chat untuk line. Kalau udah ada sempurna deh. Saya ngga usah sengaja buka line untuk ngajak chat “Wendys”.

About the author

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang.

Get in touch