Emco Brick

E

Hari Sabtu ini, keluarga saya beserta keluarga teman baikku pergi makan ke Riau Junction Bandung (Toserba Yogya Grup). Kami makan di foodcourt sambil ngobrol-ngobrol ringan. Setelah selesai makan, kami jalan-jalan di lantai dasar (GF). Di sana ada banyak pajangan untuk Natal dan mainan. Ada satu yang menarik perhatian saya. Di sana ada jualan lego, dengan merk Emco. Mungkin kalau di Jakarta atau kota lain sudah cukup lama. Tapi saya baru melihatnya di Bandung.

brik yang dijual per part      brik yang dijual per part

Cara menjualnya menarik. Mereka menjualnya dihitung berdasarkan beratnya. Per gram dihargai Rp 800. Kita bisa memilih langsung part-partnya lalu ditimbang dan dibawa pulang (tentu saja bayar dulu), atau bisa juga kita membuat barang tersebut di sana. Setelah barangnya jadi baru dihitung untuk dibawa pulang. Wah ini menarik, saya masih ingat dulu saya suka membuat barang-barang dengan lego, tetapi kadang-kadang ada part yang kurang. Jadi desainnya harus diubah.

rame-rame nge"lego"

Saya mencoba memasang beberapa, kalau dari segi kualitas bisa dibilang sudah baik, memang ada beberapa part yang sepertinya kurang rapih (harus di cutter biar rapih). Tapi secara umum, ini sudah bagus.

lego khusus Indonesia      lego khusus Indonesia

Selain kita bisa membuat dengan ide kita sendiri, tersedia juga part-part yang sudah disiapkan dengan model tertentu. Dan uniknya beberapa memang dibuat khusus untuk di Indonesia. Seperti ada metromini, ada Monumen Nasional (Monas), ada gerobak dorong, dll.

Akhirnya setelah main di sini, saya menghitung desain yang dibuat anak saya. Untuk desain seperti di bawah ini, saya keluar Rp 20.000.

lego bikinan

Btw, saat ini merk “lego” itu sudah jadi nama kategori ya saking terkenalnya. Jadi semua yang bentuknya mirip seperti Lego padahal merk lain, orang menyebutnya “Lego”. Mirip seperti minuman kemasan disebutnya “Aqua”.

About the author

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

7 Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

By mico wendy

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Get in touch