Kriteria Pemimpin & Partai Pilihanku

K

Bentar lagi pemilu nih, waktunya kita memilih. Sekarang adalah salah satu cara untuk memperbaiki Indonesia ke arah yang lebih baik lagi. Semua orang bisa memiliki nilai yang dipercayainya berbeda-beda. Misalnya satu orang memiliki nilai keadilan adalah terpenting, atau keuangan, atau pertemanan (semakin banyak teman semakin hebat, eh ada loh), atau kepandaian / kepinteran, dll.

Jadi banyak hal yang akan memberikan preferensi yang berbeda buat tiap orang. Belum lagi ditambah, setiap orang menangkap sebagian dari sisi yang dia lihat/dengar saja. Kadang kita terlalu cepat memberikan asumsi, dan dianggap sebagai kebenaran. Baca berita saja harus hati-hati di jaman sekarang, dengan makin hebatnya IT dan internet, berita dapat dengan mudah diedit kemudian. Hasilnya? bisa jadi publish berita menjadi lebih berani tanpa cross check.

Nah singkat cerita. Buat saya ada 2 kriteria untuk menjadi pemimpin Indonesia:

  1. Orang tersebut mencintai Tuhan dengan segenap hatinya.
  2. Orang tersebut mencintai Bangsa Indonesia (100% Indonesia) dengan sungguh-sungguh.

Point 1 ngga saya bahas. 🙂
Point 2 ini menurut saya sangat penting. Bayangkan kalau pemimpin kita sangat sayang dengan Indonesia. Kita ngga usah ikut pusing ngomongin dia, ngga usah mikir banyak, tapi percaya bahwa dia akan berusaha yang terbaik untuk Bangsanya secara utuh.

Lebih baik dia ngga terlalu pinter, tapi dia sayang sungguh-sungguh akan bangsa kita. Buat apa pinter-pinteran? Ada yang bilang ke saya, orang jahat+pinter malah bahaya sekali loh. Mendingan orang jahat+bodoh. Kalau dia sungguh2, maka akan banyak orang baik yang membantunya. Tuhanpun akan membantunya.

Ada pemimpin hebat yang bilang seperti ini:

Beri aku 1000 orang, dan dengan mereka aku akan menggerakkan Gunung Semeru. Beri aku 10 pemuda yang membara cintanya kepada Tanah Air, dan aku akan mengguncang dunia. ~ Presiden Soekarno

Bayangkan, 1000 orang bisa menggerakkan gunung, tetapi hanya perlu 10 orang untuk mengguncang dunia (asalkan sungguh-sungguh cinta tanah air).

Nah yang susah… gimana cara untuk tahu si X atau partai Y itu masuk kedua kriteria tersebut. 🙂

credit image: http://pixelperfectdigital.com/photo/673/water-drops-rose-petal.html

About the author

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

By Mico Wendy

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang.

Get in touch