Buku Tentang Steve Jobs

B

Setelah beberapa hari yang lalu baca tentang “Bill Gates”, jadi dilanjut baca dengan buku yang serupa tentang Steve Jobs. Setelah dibaca tambah kagum ama dia.

http://www.amazon.com/Who-Was-Steve-Jobs-ebook/dp/B006OIA0U2

Di buku yang ini, secara timelime agak lebih susah dimengerti. Karena mundur maju ceritanya. Tetapi tetap asik dibaca untuk mengetahui tentang Steve Jobs. Beberapa hal yang saya tangkap:

  • Untuk menjadi sukses, tidak harus dari keluarga kaya. Atau dari tingkat pendidikan seperti gimana.
  • Steve Jobs dipecat dari Apple awalnya, mungkin adalah hal yang terbaik yang terjadi padanya. Jika tidak dipecat, mungkin Apple tidak akan seperti sekarang.
  • Tindakan mengontak Bill Gates pada saat acara pertamanya sejak kembali ke Apple, adalah tepat.
  • Di NeXT dan Pixar, Steve Jobs berusaha keras, dan kalau saya tidak salah baca.. sampai harus banyak sekali mengeluarkan uang dari kantongnya sendiri. Juga tidak langsung sukses, bertahun-tahun sampai habis staf-stafnya di NeXT, gaji Steve Jobs yang kecil di perusahaan tersebut. Dia mau all out.
  • Pada saat dia sakit Kanker, dia malah tambah hebat dan menghargai waktunya. Mungkin itu adalah saat-saat terbaik dari dirinya.
  • Ada istilah “Reality Distortion Field” – RDF.

Setelah baca ini. Banyak menginspirasi saya. Kadang-kadang kita tidak mengerti pada saat kejadian buruk sepertinya terjadi. Padahal Tuhan berencana sesuatu yang baik setelahnya.
Dalam menjalankan perusahaan dia melakukannya all out. Mengecheck detail.
Dari perjalanannya tidak terlihat banyak kesuksesan setelah pertama dia keluar dari Apple, mungkin seperti sebagian orang. Tapi dia tidak menyerah.

Diapun manusia biasa, tidak sempurna. Tapi justru saya malah menyukainya sebagai orang yang lengkap dan berhasil.

Ujarannya banyak yang menginspirasi banyak orang.

Thx Steve Jobs, Anda sudah merubah dunia.

ps. yang tulisan di atas, sudah tercampur dengan yang saya baca dari tempat lain, jadi tidak mutlak dibaca dari buku tersebut. 🙂

Buku-buku ini saya beli di amazon versi kindle. Tetapi beberapa waktu yang lalu saya juga melihatnya di gramedia Jakarat Plaza Semanggi.

About the author

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

By Mico Wendy

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang.

Get in touch