Beli Buku di Amazon dan O’Reilly

B

Saya hobi membaca buku. Untuk membelinya dulu saya kadang membelinya di amazon (buku cetak). Belakangan setelah menggunakan kindle (fire/paperwhite) dan kindle apps, saya jadi lebih sering membeli ebook. Apalagi kalau melihat buku-buku yang lama kadang-kadang mulai menjadi kuning. Ternyata menggunakan ebook reader sangatlah enak dibandingkan dengan kertas.

Nah baru-baru ini saya sedang mencari buku di amazon. Bukunya belum ada, jadi baru bisa preorder. Saya iseng coba ke oreilly.com, bukunya sudah ada (early release). Early release = buku yang belum diedit, masih benar-benar dari penulisnya. Yang mana beberapa bulan lagi baru akan diterbitkan. Saya akhirnya mencoba membeli buku tersebut via Oreilly.com, ternyata cukup memuaskan.


Amazon.com


OReilly.com

Beberapa perbandingan yang sudah saya peroleh:

Amazon.com

  • Kita dapat mendownload 1 buku di beberapa gadget / ebook reader kita. Ada jumlah maksimumnya, misalnya maksimum 4 buku. Di luar jumlah tersebut, kita harus membelinya kembali.
  • Buku yang dibeli ada DRM-nya, sehingga tidak bisa dicopy dan diperbanyak (bisa sih, tapi perlu diakalin).
  • Kita dapat menandakan buku tersebut, memberi stabilo, menambah notes, memberikan bookmarks. Yang mana otomatis akan disync ke semua kindle kita.
  • Cara belinya pun enak, kalau kita menggunakan kindle kita bisa langsung beli dari apps tersebut (kalau via produk apple tidak bisa, harus menggunakan browser untuk membeli buku).

OReilly.com

  • Kita diberikan file-file buku tersebut No DRM. Bisa dicopy sebanyak kita mau. Ini buat saya keuntungan tersendiri.
  • Selain memperoleh ebook dalam bentuk epub/mobi, kita juga mendapatkan format pdf. Format pdf ini sering diperlukan kalau format yang menggunakan epub tidak memadai. Contoh pada buku-buku yang ada gambar / source code, tidak enak menggunakan epub format.
  • Kita juga bisa memperoleh early release, dan setiap update akan diberikan kepada kita.
  • Proses mengambil bukunya juga bagus. Bisa via email, dropbox, google drive, dan langsung ke kindle (via email to doc).
  • Kita juga bisa membelinya menggunakan paypal.

Jangan lupa, harga di kedua store bisa berbeda. Dua-duanya juga ada paket beli ebook untuk buku yang dulu kita pernah beli fisiknya dengan harga murah. Dan buku yang dibeli OReilly pun bisa dibaca di kindle kita.

About the author

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

2 Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • tolong dong referenkan “kindle” yang bagus jenis apa? ada rencana beli kindle di amazon dan bebeapa buku versi kindle? atas jawabannya makasih.

  • Kalau boleh usul. ini tergantung dari jenis buku yang dibaca. kalau buku teknis (yang banyak gambar-gambar, atau diagram) lebih baik yang berbentuk tablet (spt kindle fire, atau tablet lain). Kalau buku yang dibaca jenisnya novel, history, bisnis, sangat disarankan menggunakan kindle e-paper karena benar-benar tidak silau dan baterenya tahan lama.

By mico wendy

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Get in touch