Belajar Pemrograman di Android dengan App Inventor

B

Akhirnya “App Inventor” yang dulu ada di android sudah jalan oleh MIT.. tahun lalu, google melepaskan service ini ke pihak lain (MIT). Pada versi awal, saya sudah mencoba menggunakannya dan saya rasa cukup menarik untuk digunakan untuk mengajar anak-anak / orang yang baru belajar programming. Kita bisa mengaksesnya ke: http://appinventor.mit.edu/

App Inventor Website (MIT)
App Inventor Website (MIT)

Belajar, sering kali membuat kita malas kalau terus menerus mempelajari teori tanpa ada praktek langsung yang kelihatan. Dengan adanya service / website ini, maka akan dapat membantu kita untuk belajar lebih mengenai pemrograman. Kelebihan utama dengan service ini adalah:

  1. Sebagian sistem menggunakan sistem drag and drop. Juga secara visual kelihatan dengan baik.
  2. Ada tutorial yang cukup lengkap. Dapat dipastikan jika kita melakukan tutorial akan menghasilkan result yang sama (karena tidak ada perbedaan antara tools dan environment yang digunakan).
  3. Kita dapat melihat resultnya secara langsung di device. Ini sangat menarik, karena kita mendapatkan result segera di ponsel yang ada di tangan kita.
  4. Cara penggunaannya mirip dengan scratch. http://scratch.mit.edu <– beberapa anak-anak sudah terbiasa menggunakan scratch.
  5. Appsnya bisa diexport juga. Sehingga bisa digunakan di handphone lain (tidak usah di dalam produksi).
  6. Proses belajar juga dipercepat, kita tidak perlu install tools2, setting2. Yang mana esensi belajar pemrograman itu adalah pemrograman itu sendiri (bukan install2).

 

 

About the author

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

By mico wendy

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Get in touch