portal outsourcing IT / Consultant / PM Indonesia

p

Kantorku (konsep.net) baru release portal untuk mencari SDM yang siap untuk outsourcing. Salah satu lini bisnis konsep.net adalah meng-outsource-kan SDM. Outsourcing sendiri di negara-negara berkembang lain sudah sangat umum. India salah satu sumber outsource dunia yang besar. Indonesia sebetulnya termasuk negara yang berjumlah penduduk banyak. Banyak juga perguruan tinggi yang menyediakan IT.

Ada sedikit yang membuat saya agak bingung. Banyak sekali lulusan sekolah yang tidak mendapatkan pekerjaan yang baik. Demikian juga sebaliknya, banyak perusahaan yang kesulitan mencari tenaga kerja yang handal.

Ada beberapa kemungkinan:

  1. Tidak samanya antara spek supply dan spek demand.
  2. Kurangnya informasi, antara masing-masing pihak.

konsep.net mencoba menjebatani hal tersebut. Tapi yang kami buat bukan portal umum, melainkan portal perusahaan yang dapat mengumpulkan resource-resource yang handal.
Kami juga menggunakan search kandidat menggunakan google search mode, sehingga memudahkan pencarian ke dalam content dri file-file.

ini linknya:

www.konsep.com

www.konseptalent.com

Yang aku masih agak bingung, bagaimana menghindari agar brand konsep.net sendiri tidak tertukar dengan tempat resource ini… Apakah akan dipasang dengan nama lain, atau dengan menaruhkan logo dan link ke corporate website kami (www.konsep.net). Anyway, anywho, btw, kalau ada rekan-rekan yang ingin mendaftar… jangan ragu ya.

About the author

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

33 Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • hehehehe.. lagi trend ya pak 🙂 intimedia sekitar satu tahun yang lalu juga buka intimediatalent.

    pak mico, tentang standarisasi kompetensi skill saya rasa menjadi salah satu pokok penting sebuah perusahaan outsourcing. kira kira bagaimana standarisasi yang dilakukan oleh pt konsep (dot com?)

    misalnya, apakah ada training dan ujian formal (yg diadakan secara internal perusahaan dan mengacu pada sebuah standar internasional, ) yang nantinya akan menempatkan si A pada grade tertentu dan si B pada grade tertentu?

    saya rasa hal ini penting, karena setiap individu pun ingin mengetahui posisi di grade mana ia berada, dan perusahaan pun dapat dengan mudah menyusun level dari masing-masing individu. dengan mengetahui di grade mana ia berada, maka semangat individual untuk meraih grade yang lebih tinggi akan terus membuatnya meningkatkan kompetensi skillnya. (Tetapi tentu saja hal ini harus dibarengi dengan transparansi standar pendapatan yang memang dapat diraih olehnya, dan bukan hanya dari sekedar pengadaan bonus dan tunjangan)

    selain itu dukungan sebuah perusahaan terhadap peningkatan skill SDMnya juga saya rasa menjadi hal yang penting juga. dan mungkin sudah bukan jamannya lagi hal ini menjadi sebuah “pelengkap”.

    tetap maju pak 🙂
    salam.

  • dibuatkan suatu kategori dalam kriteria SDM seperti tenaga Uskill, low skill, basic skill, medium skill, skill I, II, III, Expert. Contoh tenaga unskill diuraikan adalah tenaga Cleaning Service, OB, kurir etc. lalu kriteria dari masing2 pekerjaan contoh lulusan SLTA, Umur, etc. lalu mengenai Gaji yg ditawarkan kalo lulusan SLTA itu brp, yg jelas hrs sesuai “”UMP”””, ok pak dicoba deh

  • ide yang bapak tawarkan bagus juga, tetapi bagaimana caranya agar calon tenaga resource tertarik dengan rencana bapak,kita tahu bahwa sistem resource banyak mendapat pertentangan di semua kalangan.

  • Info yang berguna. Namun bagaimana caranya mencari seluas-luasnya SDM yg tepat dan perusahaan yang mau menerima. dan membangun citra perusahaan outsourcing agar dipercaya.

  • wah, bagus, jadi penyedia jasa outsourcing kini bisa menjadi salah satu lahan mencari SDM berkualitas dan sebagai pembuka lapangan kerja yang baru. apalagi kini banyak perusahaan yg berlomba mencari programer dan ahli IT untuk membangun SI di perusahaannya,
    semoga bisa lancar..

    tq, rai fertilini

  • memang seharusnya ada yg menjebatani resource2 yg handal.
    Tapi bagaimana caranya mengenalkan perusahaan anda pada resource2 yg handal tersebut?

  • Sdr Yasmin, salah satu alasan menggunakan outsourcing adalah untuk efisiensi. tapi di banyak tempat, itu sering tidak menjadi prioritas. Lebih sering mereka mencari outsourcing, karena mereka ingin fokus di bidang yang mereka rasa core competence mereka. btw sudah check portal kami? http://www.konseptalent.com ?

  • Setuju pak, banyak pengangguran, tetapi sering kali sulit untuk dapat tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, mungkin outsourcing bisa menjembatani itu

  • Saya sangat mendukung media seperti ini untuk informasi kebutuhan tenaga IT yang handal. Padahal kebutuhan outsourcing makin meningkat, SDM handal banyak tersedia di negeri ini. So…..lanjutkan!!!
    Tks

  • saya sependapat dengan saudara memang saat ini tidak sedikit lulusan perguruan tinggi tidak dapat pekerjaan, padahal disisi lain banyak perusahaan sedang mencari SDM secara outsourcing khususnya untuk TI. tentu benar kata saudara bisa saja memang lulusan tersebut tidak sesuai keahliannya dengan yang diinginkan perusahaan atau pun karena Kurangnya informasi, antara masing-masing pihak.untuk permasalahan kedua saya pikir maksud kantor saudara sangat tepat untuk memfasilitasi SDM yang handal yang akan dioutsorcingkan. tentunya pemilihan halus benar-benar selektif agar dapat mengharumkan perusahaan anda juga. media web saya pikir cukup efektif untuk menginformasikan hal tersebut.

  • Konsepnya sangat menarik sekali, dapat menjadi penghubung antara kebutuhan perusahaan dan ketersediaan SDM yang ada, pastinya ini dapat menghemat waktu dan meminimumkan biaya rekruitmen calon karyawan.

  • Portal Outsourcing is good idea, lebih banyak positifnya. Selain bermanfaat bagi para experties juga bagi pihak yang memerlukannya bisa mudah memperoleh jasa outsourcing tersebut, lanjutkan ….

  • Kelemahan sistem kerja saat ini adalah perusahaan tidak mau membeli “kucing dalam karung”, jadi perusahaan tidak mau merekrut tenaga kerja tanpa tau kapabilitasnya. Banyak juga lulusan dari perguruan tinggi terbaik tapi tidak bisa apa2. Oleh karena itulah salah satu sistem yang diterapkan oleh perusahaan adalah outsourcing agar mengurani resiko.

  • Usaha yang menarik.Outsourcing IT selama ini hanya melihar faktor pengembangan SI yang dilakukan dari pihak ke tiga.SI SDM ternyata sesuatu kunci sukses dalam keberhasilan aplikasi SI di organisasi,so kalo anda bisa membuktikan kalo anda bisa provide best SDM,usaha anda pasti meledak..

  • saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan jasa IT outsource dalam menjalankan bisnisnya. hendaknya dalam merekrut karyawan, tidak hanya dilihat kompetensinya saja tetapi juga attitude dan behaviournya. semoga sukses selalu!

  • Salut… usaha yang sangat mulia… membantu pengangguran… menerapkan konsep outsourcing… saya denger di radio tri jaya tadi pagi… pengangguran punya penyakit mental yg bernama MAMAT… malu, malas, takut… Virus mamat harus diberantas…

  • Dulu saya juga binggung bro…kenapa banyak sekali lulusan sekolah yang tidak mendapatkan pekerjaan yang baik. Demikian juga sebaliknya, banyak perusahaan yang kesulitan mencari tenaga kerja yang handal.so Saya coba padukan nama besar dan attitude serta history alias tracl record untuk dapat yang terbaik…..termasuk dalam outsourcing IT / Consultant operasionalnya.

  • Saya setuju dengan pendapatnya krn outsourcing dapat menghebat biaya untuk pengadaan SDM di bidang IT.

By mico wendy

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Get in touch