Nokia E71 baru – Indonesia

N

Akhirnya beli juga nih Nokia E71 (di Metro – Plaza Senayan Jakarta). nokia E71 ini beroperating system symbian S60 3rd edition.

The All Together film

Sudah bongkar2 terus di web, ke toko-toko. buat pengganti hp ku yang lama. ini semua karena beberapa waktu yang lalu pas ke Pangandaran, aku coba browsing pake 6680 menggunakan OperaMini. Ternyata menggunakan operamini sangat menarik sekali. Mereka (opera) memproxy dan merubah semua tampilan web yang diakses dgn opera mini, ke format mobile. sehingga kecil proses downloadnya.

Ok. akhirnya aku beli juga E71. Ternyata, menurut aku… dibandingkan dengan gambarnya, lebih bagus barangnya. juga jauh lebih menarik bentuknya dibandingkan sebelumnya E61i yg lebih besar dan kelihatan kusam (silver).

Ada beberapa yang aku lihat bagus:

  1. kecepatan procesornya memang lebih cepat (300mhz <– cmiiw)
  2. tampilan lebih tajam

Nah, aku coba beberapa aplikasi di dalamnya:

  1. ada office. tapi ini jelas sekali kepakai. terutama bisa check mail di handphonenya.
  2. ada adobe acrobat reader. ini bisa dipakai juga buat buka attachment email. dan ok juga.
  3. ada web browsernya. lumayan..
  4. dikasih juga beberapa program spt yahoo mobile,
  5. GPS nya –> wow. ok bangeut. dulu pernah coba-coba GPS di palm (add on). tapi jaman batu sekali, ternyata sekarang udah sebagus ini peta indonesia.
  6. real playernya bisa buat nonton Youtube.com
  7. ada kamus juga, termasuk kamus Chinesse –> English. tapi masih kalah jauh dibandingkan Chinesse Dict yang aku pake di palm

Di luar itu, aku install:

  1. mobireader (buat baca ebook –> chm) <– belum sempat aku test benar2
  2. agilemobile (buat koneksi ke yahoo messenger, dan messenger2 lainnya). dibandingkan e-buddy, ini lebih stabil. tapi bayar
  3. Β tentu saja: operamini. tapi ini masih ada bug kelihatannya. kalau kita mau input di textfield utk akses langsung ke url tertentu. tidak bisa menggunakan numeriknya (aku masih pake aplikasi yang E61i, karena belum ada yang E71 di webnya)

Masih banyak nih yang belum aku coba. utk sementara… motorola V3 kesayanganku masih aku simpen dulu. πŸ™‚

Btw, tadi daftar telkomsel flash, tapi masih kerasa kadang2 bisa konek, kadang2 gagal. kata operatornya memang sedang penuh.

Tentunya aku juga udah ngebandingkan dengan iphone yang baru (via web + bacaan). Kalau dari pertimbangan2 cukup keras. akhirnya aku pilih Nokia aja ah.

Anyway… E71 aku puas bener. fitur2nya belum sempat di check semua nih. tinggal apakah ini bisa membuat aku meninggalkan Palm TX ku? agak ngga yakin. Β  πŸ™‚

Nokia E71 ku di sebelah motorola V3

About the author

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

43 Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • Salam kenal… Wah senengnya, E71..
    Suka warna hitam ya? Saya pernah lihat digambar yang warna putih, oke juga sepertinya..

    Ehm2.. Saya pemakai E61i yang katanya kusem lho, tapi berguna banget buat saya ^^ Cek E-mail, Web browsing, Office, Aplikasi S60 3rd, dll, semuanya asik dan berguna. Apalagi E71… So pasti lebih powerful! Waah, mesti nabung dulu nih ^^ hmm, iPhone ma E71… Klo BlackBerry ma E71??? HeheHe

    Btw, Opera Mini di E61i juga seperti itu. Kalau mau masukkan angka kita musti tahan Blue Function Key terus. Oiya, E71 dah support FlashLite terbaru yang katanya bisa streaming Video YouTube kan? Apa cuma dari Real Playernya aja, atau web browsernya juga bisa? Mohon di share ya…

    Sering pakai ponsel buat e-mailing ngga? Ato suka cari-cari aplikasi? Saya ada tips buat e-mailing di blog saya lho, plus aplikasi-aplikasi menarik yang sering saya pakai di E61i. Kemungkinan cocok juga buat E71 karena sama2 OS S60 3rd kn? Mampir2 ya di ponseli.blogspot.com

    Trimakasih

  • Ponseli,
    apa kabar?
    aku udah buka blogs link ponseli.blogspot.com.
    informatif isinya ya. thx. lagi aku coba2 juga beberapa tips yang dari situ.

    salam,

  • Dear,
    Bagi yg sudah memakai E71 tolong ceritain dong apakah aplikasi office nya (word, excel, power point, …) OK , artinya dg mudah kita bisa buka file2 (dari PC), bisa edit, bisa save, … termasuk kenyamanannya dg qwerty yg ada.
    Thanks.

  • word,excel, power pointnya ok. apalagi karena processornya cepet. jadi jauh dibandingkan yang tipe sebelumnya. kita bisa terima email, terus otomatis kalau ada attachment kita buka tanpa harus ganti aplikasi.
    qwerty-nya juga enak.

    cuma yang saya masih agak bingung. fitur sms nya yang kurang ok aplikasinya.
    ini either bug. or saya belum tahu gmn. problem yang aku terima:
    1. first name & last name. ini ngga bisa diatur tampilannya spt apa. sayang skl. padahal kalau di contact nya udah bener.
    2. kalau kita terima telpon. dengan nomor telpon. walaupun di phonebook kita udah ada. di sms tidak keluar. biasa karena tampilan nomor depannya beda. misalnya +6281… padahal kita input 081… nah kalau di nokia-nokia lain ini bisa. tapi di e71 kok ngga bisa.
    3. fasilitas tambahan hrsnya bisa tukeran antara sms dan email. karena aplikasinya jadi satu. misalnya kita terima sms, terus kita mau forward pake email. di sini ngga bisa.

    gitu.. πŸ™‚
    tapi masih ok sih sampai skrg.

    salam,

  • halo, salam kenal.
    Lagi bingung nih mo ganti hp apa. Sebelumnya aku udah pke seri communicator sama sempat nyoba pda. Nah skrg keluar E71 yg bikin penasaran. Yang lebih bikin bingung lagi mo beli yang baru tapi g ada uangnya..hohohoho…kidding2..
    gini2,aku lg bingung milih antara blackberry, Pda HTC touch diamond, sama E71..ada yg bisa kasih saran nggak?need help bgt neh…
    sampe2 tagihan dirumah jebol buat2 browsing2..hohohoho..

  • David,
    kalau aku kemaren juga sempat lama milih. {btw ini kalau aku loh. jadi bisa beda setiap orang}

    1. kalau nokia communicator. ini ukuran gede sekali.dan agak aneh aja kalau buat browsing. terlalu lebar. tapi kurang tinggi.
    terus. kemaren pake yang 9500 sih agak lambat ya.

    2. utk HTC, kemaren dicoba sih lambat ya loginnya. either gara-gara windows mobile? jadi aku coret juga.

    3. kalau blackberry. aku sendiri belum lihat enaknya kalau ada email terus langsung bunyi tuh hp. spt jadi keganggu kerja. padahal hrsnya check mail itu ngga terus-terusan. πŸ™‚ –> tapi aku belum coba. jadi aku ngga tahu ok atau tidak.

    4. kalau palm, aku tetap pake (PDA). karena dilihat2. utk alamat itu… kelihatannya masih lebih mature palm. kalau e71 ini mau aku jadiin buku telpon aja. tapi bukan buku kontak (kontak lebih detail). terus. ada banyak aplikasi yang hrs pake handwriting (contoh yang aku pake itu plecodict, chinese dict). dan yang PDA ku ini masih lebih lebar layarnya. aku pake Palm Tx.

    paling-paling yang paling menarik adalah iphone. tapi kalau yang ada skrg yang resmi kan ngga ada. padahal ada sim lock. jadi aku prefer nunggu dulu. kemaren juga baca2 kelemahan iphone. masih cukup banyak loh. termasuk salah satunya ngga ada aplikasi YM, keyboard yang ngga ikut kebalik pas beberapa aplikasi, ngga bisa copy paste. dll.

    tapi, kalau aku baca dari tulisan di internet. kenapa mobile web skrg bagus. itu pengguna iphone 10x lebih banyak browsing internet dibandingkan hp lain. so.. artinya iphone ini boleh dipertimbangkan.

  • bos.. tau aplikasi blackberry connect buat e71 g? gw beli e71 karena gw kira bisa diinstal tun hx,,hx plisss help me..

  • Salam kenal,
    Aku lagi cari E71 yg warna putih nih, tp susah bgt. Apa mmg blm keluar ya d indo? Thx…

  • hai semua lam kenal,

    @yosha
    Emang keknya pas awal launchingnya yang kluar baru warna item, cuman mnurut temen gwe yang kerja di Nokia, yang putih udah mulai beredar tuh dipasaran.

    @semwah
    Iseng-iseng aja sapa tahu beruntung, main ke http://www.pushmailcompetition.com, bagi-bagi e71 setiap minggunya

  • Salam kenal.

    Fungsi utama E71 bagi saya adalah kirim dan membaca e-mail. QWERTY keyboard sangat membantu.
    Processornya cukup cepat. Yang saya sukai adalah saat membuka attachment dengan office application semuanya berjalan bagus.
    Hal lain yang saya PALING SUKA adalah, tipis dan pas sekali masuk kantung kemeja atau jas. Tidak menonjol dan ringan. Engga norak nenteng-nenteng HP saat bertemu atau rapat dengan relasi.
    Saya sudah pernah pakai Nokia Series N9300, N9500 dan N95, Treo 65. Jadi saya bisa rekomendasikan kepuasan saya pakai E71

    Salam

  • mas.. mau nanya donk.. kan mama say bli E71 juga tuh.. tapi yang white pearlnya dan didalamnya tidak ada fitur2 yang mas sebutkan diatas.. seperti Y!Mobile,kamus dll..

    kira2 apa salahnya ya? soalnya setau saya punya mama saya itu garansi nokia asli.. karna blinya pun perlu inden dulu.. mohon bantuannya ya mas..

  • alin:
    kalau kamus kalau tidak salah udah include di nokianya. kalau Y!mobile ini saya download sendiri di internet.
    anda sudah coba install aplikasi yang ada di CD? terus komputernya dikonek ke hp nya?
    plus. itu sebagian file aplikasi ada di kotak (directory) installer. jadi bukan di direktory application, office, media. dari installer. harus dipanggil 1x dulu utk diinstall. baru aplikasinya jalan.
    semoga berguna…

    salam,

  • bung Admin,
    kalo mau lepas Palm TX nya, bilang bilang ya.
    Aku pingin pake TX nih.
    Lukito
    ——————

  • kalo gw, udah pake E71 ampir 1 bulan..
    so far, so good….
    belom ada kecewa nya.. kecuali di kamera..
    hasil kurang bagus.. πŸ™‚
    & ga bisa silent mode, waktu foto.. selalu ada bunyi nya πŸ™‚

  • mainmata:
    utk suara yang tetap keluar kalau foto. kelihatannya itu sengaja. demi privacy seseorang.
    ada pembahasan supaya kamera handphone harus ada suara…

    salam,

  • saya baru beli nokia e71 white edition.. tapi kok baru pertama kali pakai layarnya sudah agak2 error gitu, jadi kalau mau buka window baru keluarnya tidak lancar. Selain itu waktu kamusnya dibuka dan dipake trus udahannya ada tulisan di belakang tulisan yang lain… terimakasih…

  • aq make yang white steell..oke buanget neh hp gak bakal nyesel kllo udah punya..kendala yang white sech..karet buat penutup mmc ama usb nya cepet kotor..n susye dibersihkan..sarungnya juga…hmmmmm tp buat cewe yang white emank cucok buangettttt..masss ko aplikasi chat saya gak ada yg bs yach..dr e buddy, egille,ampe yahoo..mesengger hmmmmm

  • hiii…

    Mau tanya nih , kalau E71 vs Blackberry 8320 Curve bagusan mana ya fitur2 nya
    kira2 ada gak yah yang mau tukeran Blackberry 8320 sama E71 gw
    atau bayarin deh E71 gw , 081383552226

    Thx

  • lam knal…
    lg bingung nih mo bli hp, pilihan ku antara samsung i780 n nokia e71..
    klo dari design c lbih mlih e71 cz kliatan elegan, jauh deh ma samsung i780,,
    tapi fasilitas i780 kayak nya lebih bagus y (touch screen n finger mouse)
    yang juga bingung antara s60.3rd atw windows mobile 6.0..
    da yang punya solusi??

  • mo nanyaa…kan gw mo beli E71..bagusan yang item ato yang putih c???
    klo putih riskan bgdd ga c buat kotorr?

    thx b4

  • Salam kenal dr bali. E71 emang layak beli. Kekurangan dia di kamera atau sender sms yg gak ngkut pbook emang harus jd perhatian nokia. alasan itu jg yg bikin aku tetap keep P1i. Yg jelas aku butuh E71 karena layar 16M. So, congrat Nokia. Baru kali ini aku ambil Nokia. And it’s all coz E71

  • menurut aku kekurangan e71 yaitu tombolnya yg kecil2 n rapat,sehingga susah buat aku yg seneng smsan T_T,selain itu kamera yg masih kurang,tp gpp lah namanya juga ponsel bisnis ^^,di luar itu semua aku rasa dah mantap dah e71,ga nyesel pokonya….

  • mas, om, tante, bang, saya mau nanya,,,klo kualitas suara e 71 itu bagus KERAS SUARA NA ga???
    n suara na pecah ga???

    cz saya bingung mau bli e 71 apa bb curve??

    PLLLLLLZZZZZZ,,REPP THISS QUESTION IF U KNOWWWWWW???

    cz i want buy hp in this week>>>

  • tommy: kualitas suara bagus sekali.
    yang jelek kamera.
    tapi sekarang orang2 lagi demam BB. jadi.. kalau seneng rame2 karena banyak yang pilih, pilih BB.
    kalau saya pake e71 super puas.

  • eh mau tanya dongg bagusan black berry apa e71 sih gue bingung mau ganti hp apa ? eh kalo e71 itu bisa punya aplikasi msn sama fb juga ga ?

  • Admin numpang share pengalaman pake curve 8310
    Menurut aku pengguna Curve 8310 jujur dari segi bentuk lebih cantik E71. (tapi relatif juga sih ya)
    kalao kebutuhannya email udah ngga ada ngalahin Blackberry deh… percaya…
    di bb email berasa seperti sms aja, dateng tanpa diundang…
    kecuali kalao pake emailnya sekali-kali aja atau kebutuhan diluar email boleh ditimbang pake E71 dengan pushmail yg baru ya…

    kalao E71 dah bisa MSN tapi kalao facebook masih lewat browser ya… kayanya masih mendingan BB deh, kalao mau potret tinggal sent to facebook selesai, wall dan notification seperti email masuknya…. tapi yang paling top untuk facebook ya di iphone (dah top banget deh..)

    fitur laennya kalao pasang google maps di bb ngga khawatir jebol deh… kecuali E71 nya dipasang internet unlimited juga… ini sama-sama bagus

    Applikasi Office di bb pake office 2 go yang menurut aku bagus kalao cuma mau liat, kalao mau edit ya cape lah ya mendingan di PC aja… Office 2 Go dah komplit kok, word, excel, power point, dan pdf

    Gmail amplop merah, google sync di bb lancar di E71 blm pernah coba

    Kalao applikasi bb udah banyak deh…

    segitu dulu deh

    kuykov

  • Sharing pake push emailnya nokia messaging yg baru (trial). Enak banget kok, push emailnya realtime, bisa buat yahoo free pula he3x.

  • Halo admin…topik menarik nih mengenai E71…ikut nimbrung yahh…gw puas pakai E71. Bikin mobile gw tambah mudah.semua informasi bisa gw update dan gw juga bisa terus berkorelasi dengan klien-klien gw..:) ngetiknya juga ga ribet..Officenya cukup ngebantu gw.Aplagi kalo gw lagi dijalan dan harus melakukan editan file ( untuk report Excell).mantaff deh pokoknya…ga perlu nyari PC..Nokia Mapsnya juga uooke banget loch…hee..hee..gw jalan2 ke jogja ga usah nyari pemanndu.update mapnya juga komplit..plit…:P…untuk internet browse and download juga oke punya..:)…

    ngomong2 soal BB nih…Hmmm…ga ada salahnya bersilahturahmi ke link dibawah ini..

    http://www.esato.com/phones/index.php/phone=395,cp=317
    http://www.phonegg.com/compare/22/BlackBerry-8320-vs-Nokia-E71.html

    Thx Admin…..:)

  • mw nanya ni…klo BB Javelin ma E71 bgs mana???
    trus suara E71 ma BB Javelin bgs mana??
    klo HSDPA berpengaruh bgt ga???
    coz sayang nya,di Javelin ga ada 3G/HSDPA…jdi tkut klo browsing jadi boyot???apa btul????

  • lam knal dri kalimantan,
    Ku bingunk bgt mo ganti hp,
    Bagusan mana E71 or BB curve 8320?
    Ku org yg suka music, bantuin aku donk milih ap,,
    SmS aj ke nOku 085250909053
    Thankz be4, lam kenal,, πŸ˜‰

  • Sharing untuk yang bingung antara E71 dan BB(Javelin)

    kebetulan gw baru ganti E71 dengan BB Javelin (akibat latah), perbandingan berikut berdasarkan pengalaman semoga bermanfaat:

    E71
    kelebihan:
    1. Aplikasi kamus Buid-in di HP (enak sekali klo cari2 vocab yg kita belum tau)
    2. Ada foto kartunama yg langsung bisa disave sbg contact book.
    3.3G (tapi rasanya untuk di adu soal speed internet ini nggak begitu ngaruh meskipun BBjavelin masih 2G, mungkin faktor server service BBnya yg ga kelawan..)
    4. urusan organizer lebih ok dibanding BB.

    kekurangan:
    1. hasil kamera kalah bagus dengan BB Javelin
    2. Keypard tidak sekokoh BB Javelin

    BB Javelin:
    kelebihan:
    1. Untuk urusan internet/email jagonya deh sampe2 langganan flash langsung gw stop, kaga kepake lagi tuh modem flash, apalagi jaringannya telkomflash tulalit…..).
    2. Kameranya walaupaun sama dengan eJI 3.2MP TAPI bbJAVELIN LEBIH BUAGUS
    3 KEYPARD LEBIH KOKOH and ball scrollnya uenak banget.

    kEKURANGAN:
    TIDAK ADA SOFTWARE KAMUSNYA… RIBET….

    semoga bermanfaat…. share ini asli untuk kebaikan teman2 (dari pada buang2 waktu exploring cari2 informasi lagi…) gw ga pro ke salah satu brand

    salam,
    Billy

  • gw mau tny dong, kalo bb itu bs dijual lagi gak sich yah? Harga jual bb ma e71 bgsan yg mana yah? Menurut kalian samsung star yg br itu bgs ga yah? Thx

  • Au lg nyari hp yg da kamera ,radio ,walkman, televisi ,springbed ,kulkas , magicjar n ac nya da g ya? Tolong bantuin au cari y ? Tq

  • Hi all,
    gw ud 6 bulan make nokia E71, dr pngalaman gw make hp ini :

    1. E71 jelek bgt hasil kameranya…,gw ampe beli kamera lain, gara2 hasil foto kamera hp ini jelek,buram..(pdhl ktnya 3.5 mp)
    2. internetnya lola ( lama bgt)… ( tp gk tau jg ya klw kartu lain, cz gw make kartu telkomsel siy..), mw buka map aj ampe 1 jam nunggunya br kbuka..
    3. trush gk bs push mail jg..
    4. mw foto2 pake kamera hp ini, suaranya gk bs di silent lg…, berisik..

    nyesel gw beli E71,
    pgn ganti BB deh…hiks!

    cuma bentuknya doank yg elegant..

  • Tanya dong..kmngknan ntr mo beli E71,cuman g rd gaptek ma hp2 trbaru.. d E71 bs bwt terima, baca n kirim email dr yahoo gak yah??? udah lgs ad d hp itu ato hrs tambah aplikasi download?? bwt kerjaan jg soalny.. trus harga E71 skrg brp yah? udah turunan belom? dgr2 kan ntar mo ad E72 ad kmngkana E71 bs lbh turun lg gak yah??

  • E71 lumayan kok, cuman emang kameranya kurang bagus.
    Untuk push e-mail siapa bilang gak bisa ? disetting dulu dong, tapi emang harus online terus sambungan internetnya, pakai yg unlimited saja.
    Untuk urusan office, dll dah lumayan lah.
    Harga saat aku tulis ini sekitar 3 juta an.

By mico wendy

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Get in touch