Memisahkan Suara dari Video yang Bising

M

Selasa malam ada pendeta datang dari Singapore ke Bandung, lalu ada pesan yang disampaikan ke masing-masing kami. Kami memang sudah siap-siap merekam suara tersebut karena kadang harus didengar beberapa kali agar bisa jelas. Tetapi saat itu ternyata suara musik yang dimainkan teman-teman cukup keras. Sehingga pada saat kita mau mendengarkan kembali rekaman suara tersebut bisa dibilang suaranya hampir tidak terdengar.

Jadi saya coba cari jalan agar bisa mendengarkan kembali. Ada beberapa tools yang saya gunakan di internet dan di komputer.

Akhirmya istri saya mengirimkan rekaman suara tersebut via wa dalam bentuk mp4. Lalu saya cari di internet, kebetulan ada yang bisa memisahkan suara dengan sekelilingnya (lalal.ai). karena rekamannya ngga terlalu panjang, jadi saya bisa ambil sebagian saja. Lalu dari situ, karena memang Inggris saya kurang bagus. Saya menggunakan service convert to srt. Di veed.io. kita bisa melihat teks yang disebutkan oleh pendetanya. Dan bagusnya, ada kata-kata yang diwarnai yang kelihatan kurang jelas (tingkat keyakinan AI untuk itu bagian kata tersebut rendah).

Lalu semuanya digabungkan di Adobe Premiere agar bisa lebih jelas dan disimpan. Termasuk membesarkan suara voicenya, mengembed srt nya ke premiere nya. Membuang gambar rekaman saya dan mengubahnya jadi single color.

Untung ada teknologi AI yang bisa digunakan.

About the author

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang, dan traveling. Co-Founder AnakBisa.com. www.konsep.net / www.netdesain.com.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang, dan traveling. Co-Founder AnakBisa.com. www.konsep.net / www.netdesain.com.

Get in touch