Penggunaan NAS

P

Sudah lebih dari satu tahun saya menggunakan NAS. Awalnya dari menggunakan xigmanas yang menggunakan komputer bekas lama, lalu belakangan pindah ke TrueNAS. Nah pada saat menggunakan truenas ini, saya ada kejadian hard disk yang error (rusak). Kebenaran saya menggunakan raid-z yang ditawarkan oleh truenas.

Untungnya dapat segera diganti hard disknya dengan hard disk yang serupa, lalu di resilvering.

Memang sizenya jadi berkurang jadi 3 hard disk 4T bukan jadi 12 Tera, tapi jadi sekitar 2/3 nya. Cuma perasaan aman jadi ada. Dan tidak begitu sulit proses pergantiannya.

Prosesnya kalau menurut petunjuknya sekitar 14 jam. Tapi selama proses tersebut, kita tetap dapat menggunakan data-datanya. Semoga ini lancar.

Ini penampakan komputer NAS saya:

Isinya komputer spek lama, core 2 duo.

Oh iya, baru kemaren juga setelah begitu lama pakai dropbox. Akhirnya saya quit dropbox paket family. rada berasa mahal, sekitar 22USD / bulan. Dan setelah saya sortir lagi data-data yang saya gunakan, bisa dibilang ngga seperlu sebanyak itu. File-file besar content, saya backup dan share via openvpn kalau saya sedang ada di luar kantor. Atau pake owncloud (ini masih susah dipake, habisin bandwidth dan space).

About the author

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang, dan traveling. Co-Founder AnakBisa.com. www.konsep.net / www.netdesain.com.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

By Mico Wendy

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang, dan traveling. Co-Founder AnakBisa.com. www.konsep.net / www.netdesain.com.

Get in touch