Membersihkan Malware

M

Ada satu yang agak menyebalkan dan kadang terjadi, yaitu membersihkan malware di wordpress. Takes time, dan berasa memperlambat saya. Dari proses backup, download backup, hapus semua kecuali wp-content dan wp-config, upload wordpress installer baru. Timpa dengan wp-content yang lama, dan wp-config.php.

Terus setelah jalan kembali, ganti password-password login, ganti mysql login/pass, ganti ftp user/pass. dst. Terus ditest lagi apakah sudah bersih atau masih kotor. Dan yang terakhir ini cepat sekali. Hitungan beberapa detik bisa langsung kena lagi. Semua plugin dibersihkan, tetapi memang belum sampai harus dihapus satu-per-satu.

Semoga ini jadi yang terakhir. Harus dipelajari serius setting-settingnya yang bisa membuat wordpress tersebut lebih sulit ditembus (mungkin belajar setting wordfence dengan benar, atau sucuri dengan benar). To do list, yang seringnya dilupakan. Sekarang udah ngantuk cukup berat. Semoga besok aman.

btw. Saya sudah coba pake jasa imunifyAV+ ini satu bulan. Tapi hasilnya di luar perkiraan saya, hanya dihapus saja filenya. Jadi dirasakan tidak butuh.

About the author

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang, dan traveling. Co-Founder AnakBisa.com. www.konsep.net / www.netdesain.com.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang, dan traveling. Co-Founder AnakBisa.com. www.konsep.net / www.netdesain.com.

Get in touch