Indihome vs Firstmedia Setelah Hampir 3 Bulan

I

Karena satu dan lain hal, beberapa bulan yang lalu saya menggunakan 2 provider internet di Bandung. Rencana awal cuma 1 yaitu menggunakan indihome, tetapi karena kabar dan prosesnya berbelit-belit, dan lainnya, akhirnya saya memesan Firstmedia. Eh pas hari H, dua-duanya datang untuk memasang.

IMG_5354  IMG_5357 IMG_5356

Masing-masing saya mengambil paket yang kurang lebih Rp 400.000 – Rp 500.000. Dua-duanya memberikan paket gratis nonton. Indihome menggunakan fiber optik, sedangkan firstmedia menggunakan kabel model lama (coax?). Perbedaan lain, di indihome saya mendapatkan nomor tetap (paket 3 in 1?), sedangkan di Firstmedia tidak. Fitur telpon ini walaupun sekarang sudah jarang digunakan (hampir semua orang menggunakan ponsel sebagai gantinya), tetapi orang tua dan mertua saya semua selalu menanyakan telpon rumah. Sehingga sepertinya nomor telpon rumah itu penting.

IMG_5364 IMG_5358

Setelah hampir 3 bulan, saya memutuskan untuk tetap menggunakan Firstmedia, dan stop indihome. Kalau 2-2nya gratis sih, 2-2nya bakal tetap saya gunakan, Tetapi kalau harus memilih, saya memilih Firstmedia.

Beberapa pemikiran yang saya rasakan:

  • Kecepatan dan kestabilan dengan harga yang sama berbeda. Lebih cepat Firstmedia.
  • Fitur cable tv yang diberikan, kurang saya gunakan 2-2nya. Saya akan mencoba turun ke paket non cable tv. Karena free nya itu hampir kurang bisa ditonton. Sedangkan saya sendiri hampir jarang sekali nonton. Dulu sih indihome pernah memberikan paket 100 channel + internet yang kenceng + harga murah. Tetapi itu waktu itu, yang saat ini saya tidak dapat.
  • Fitur free wifi di luar rumah. Dua-duanya jarang digunakan. Yang Firstmedia, tetapi di beberapa tempat sepertinya otomatis jalan tanpa username password. Sedangkan indihome agak rumit dan ngga jalan malah (aku ambil 3 gadget seamless).
  • Merk Router yang diberikan, untuk Firstmedia: cisco, sedangkan untuk indihome huawei. Saya kurang tahu apakah ini pengaruh atau tidak, tetapi Cisco sepertinya lebih bagus.

Untuk nonton saya akhirnya lebih baik memilih menggunakan alat ini (gambar di bawah): karena hanya dibutuhkan koneksi internet saja. Next time saya cerita kalau ngga males tentang alatnya ya.

IMG_5361 IMG_5366

Tulisan ini total adalah persepsi subyektif saya. Bisa saja orang lain merasakan hal yang berbeda.

About the author

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang.

3 Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • Kalau boleh tau untuk first media berjalannya waktu promo/non promo yg di berikan semakin berkurang atau bahkan harus ada penambahan biaya lagi gak pak?
    Karna saya ingin menggunakan first media yg aga konsisten.
    Terimakasih atas ulasannya, semoga bermanfaat untuk yg membaca.

  • Kalau boleh tau untuk first media berjalannya waktu promo/non promo yg di berikan semakin berkurang atau bahkan harus ada penambahan biaya lagi gak pak?
    Karna saya ingin menggunakan first media yg aga konsisten.
    Terimakasih atas ulasannya, semoga bermanfaat untuk yg membaca.

  • Saya pelanggan first media sdh 6 bulan, kalau untuk nonton TV saya akui chanelnya bagus tapi kalau untuk internet sungguh sangat menyebalkan karena lebih sering rusak dan bermasalah ketimbang bagusnya. sering komplain tapi cuma jawaban maaf dan mesti harus marah marah dulu agar cepat di kunjungi teknisinya.

    padahal kalau telat kena denda, sedangkan kalau bermasalah tidak ada kompensasi apa-apa, padahal pakai/ tidak pakai, rusak/bagus kita tetap bayar dengan harga yang sama.

By Mico Wendy

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang.

Get in touch