packpub – alfresco

p

Cover Packt-AlfrescoAkhirnya baca buku terbitan Packt Publishing “Alfresco Enterprise Content Management Implementation” habis sudah (2 minggu yang lalu). Buku ini mengupas mengenai produk open source “alfresco” <www.alfresco.com>. Alfresco sendiri menurut saya termasuk salah satu produk open source yang sudah matang dan baik. Pembuatnya adalah eks dari “Documentum”, salah satu vendor pemimpin pasar document management system.Di buku ini, diulas versi yang 1.4, padahal saat ini alfresco sudah di versi 2.0. Tapi hampir keseluruhan isi dari buku ini masih valid. Jadi bagi yang ingin membelinya, tidak perlu ragu.Kalau saya timbang2, hrsnya ada 3 jenis buku utk alfresco (model2 spt borland book jaman dulu):

  1. User Guide
  2. Administrator Guide
  3. Developer Guide

1. User GuideBiar membahas mengenai penggunaan dan optimalisasi sistem tersebut. Bagaimana kemungkinan penggunaan Alfresco sebagai Document Management System, atau yang lain (spt record management system). out of the box. Banyak fitur yang tersembunyi. Dibatasi di sini hanyak sebagai user saja. Termasuk di dalamnya setting dan menggunakan workflow, business rules, versioning, locking, dll.2. Administrator GuideMembahas mengenai administrator, backup / restore data, setting XML configuration, bagaimana implementasi, instalasi di berbagai OS, bagaimana membuat template, email integration, dll.3. Developer GuideYang mengerti mengintegrasikan dengan sistem lain, mengerti mengenai framework yang digunakan, dapat menggunakan LDAP, dapat meng-customize code.Sayang di buku ini sebagian dicampur. Sehingga agak kurang tepat bagi tiap jenis pengguna. Tetapi tetap saja buku ini terbaik utk produk tersebut… 🙂

About the author

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

2 Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

By mico wendy

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Get in touch