E71 – Upgrade

E

Akhirnya aku mencari software dan firmware lagi untuk E71 ku. Walau sudah cukup lama aku pakai, tapi tetap saja E71 ku ini termasuk ponsel favoriteku.

Ternyata, selama kurang lebih 1 tahun ini, firmware sudah ada pergantian mayor beberapa kali. Yang aku install terakhir adalah versi 5. Cukup banyak perbedaannya… seperti nokia sekarang menggunakan “Nokia Ovi Suite”, yang sepertinya menggantikan “Nokia PC Suite”.

Di dalam sistem nokia yang baru ini, ada perbedaan mendasar. Yang paling kerasa adalah peta-nya. Petanya jauh lebih bagus daripada peta yang sebelumnya. Dengan peta yang sekarang:

  1. Kita dapat mendownload petanya dulu. Sehingga nanti misalnya kita ke tempat tersebut, kita tidak membutuhkan internet lagi. Downloadnya pun di komputer. Ini penting, karena misalnya kita ke luar negeri, sangat tidak lucu kalau mau lihat peta terus harus bayar mahal. Terus sering juga, koneksi internet kita butut pas diperlukan, lucu juga ketika cari jalan… jadi lama berhenti di jalan karena petanya belum keluar karena harus download.
  2. Peta tersebut ada fitur cari jalan. Jadi kita tinggal tentukan titik start, terus cari titik end. Maka dia akan cari jalan.
  3. Ada suara yang bisa memandu, sehingga memudahkan kita mengemudi. Hanya perlu dengar suara-nya saja.
  4. Program petanya juga canggih. bisa di freeze. alias kita puter-puter petanya. Ini kadang2 perlu, karena biasanya mata kita itu melihat mobil jalan dari bawah ke atas, atau dari kiri ke kanan.
  5. Ada peta 3 dimensi juga.
  6. dan masih ada tools2 peta lainnya yang saya belum coba…  🙂

Ini peta, kalau dibandingkan dengan peta di iphone, ada plus minusnya loh. peta di iphone memusingkan karena kadang2 kita ingin memutar hp tersebut. pas kita puter, si peta ikut muter.

Kiranya selain peta ini, juga bagian email ada perubahan, lalu ada chat application (bisa nyambung ke beberapa messenger) –> tapi saya tetap menggunakan fring. Sedikit catatan mengenai Fring, fring adalah messenger yang gratis. Tapi ternyata bagusan fring jaman dulu, yang fring sekarang.. iklannya terlalu vulgar.

Scr000018-300x225

blog ini saya pindahkan dari: http://blogs.konsep.net/micowendy/2010/e71-upgrade/

About the author

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

By mico wendy

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Get in touch